Solusi Perlindungan Konstruksi Beton Anda
Artikel

Manfaat Waterproofing Terhadap Konstruksi Beton Anda

Manfaat, Kegunaan Atau Keuntungan dari Waterproofing Coating
Manfaat Waterproofing Terhadap Konstruksi Beton AndaWaterproofing coating adalah merupakan jalan keluar yang paling efektif dalam mengatasi kebocoran, keretakan struktur beton seperti dak beton, kantilever, talang beton, dll. Umumnya ini adalah hal yang selalu menjadi momok bagi pemilik gedung/rumah bila atap yang terbuat dari konstruksi beton, yang mana bagian konstruksi ini adalah bagian yang terbuka dan langsung terkena curah hujan serta terpaan sinar matahari. Banyak faktor yang dapat menyebabkan struktur dak beton tersebut rawan terhadap kebocoran, seperti di bawah ini:

1. Beban bangunan yang berlebih. Pembebanan yang berlebihan pada permukaan konstruksi plat beton atau dak beton bisa mengurangi umur konstruksi bangunan terebut, terlebih jika awalnya dak atau plat beton itu difungsikan sementara proses proses pengeringan belum sempurna.

2. Usia konstruksi beton. Dak beton atau plat beton dengan kondisinya yang terbuka, tentu akan terkena langsung oleh cuaca hujan dan panas. Itu artinya suhu serta iklim yang berubah dari panas ke hujan akan terus menggerus pori-pori permukaan konstruksi seiring dengan bertambahnya usia konstruksi tersebut.

3. Faktor ataupun penyeban lainnya yang bisa dak beton atau plat beton rawan kebocoran adalah proses penggenangan air sesaat sesudah proses pengecoran tidak dilakukan. Padahal seharusnya setelah beton tersebut dicor, proses penggenangan air sekitar 7 hari mesti dilakukan.

4. Faktor alam sekitar seperti gempa ataupun benturan benda keras. Jika terlalu sering mengalami gempa walaupun kecil, ini akan merusak kekuatan struktur bangunan, terlebih jika terkena gempa dengan skala richter besar. Ini akan membuat pergeseran struktur baik secara vertikal maupun horizontal. Kondisi sekitar konstruksi bangunan juga bisa menjadi pemicu berkurangnya daya tahan struktur beton. Semisal getaran-getaran dari kendaraan besar yang lewat di depan bangunan. Kasus seperti ini umum terjadi pada bangunan yg terlalu menjorok ke badan jalan, yg mana seperti yang kita ketahui bahwa jalan tentunya sering dilalui oleh kendaraan baik besar maupun kecil. Kondisi lainnya adalah adanya pekerjaan pemancangan tiang pondasi (tiang pancang) oleh proyek pembangunan gedung di sekitar bangunan, dan tentunya ini akan menimbulkan getaran yang dapat merusak seluruh konstruksi bangunan kita.
Semoga setelah membaca artikel ini, Anda semakin tahu betapa pentingnya proses pengerjaan waterproofing coating, serta Anda menjadi tahu apa saja yang perlu dihindarkan dan dilakukan dalam menjaga usia sebuah struktur agar tahan lebih lama.

Comments are closed.