Solusi Perlindungan Konstruksi Beton Anda
Artikel

Apakah waterproofing Membrane Bakar itu?

Contoh pengaplikasian waterproofing membrane bakar pada permukaan struktur lantai beton.

Contoh pengaplikasian waterproofing membrane bakar pada permukaan struktur lantai beton.

Apakah Waterproofing membrane bakar itu? ialah salah satu metoda untuk memberikan lapisan atau coating pada permukaan struktur beton seperti dak. Pada teknis pengaplikasian waterproof membrane bakar ini, material pelapis beton yang berbentuk lembaran dan terbuat dari modified bitumen (yang diperkuat dgn serat tulang non woven polyester) digelar pada permukaan struktur beton tersebut (semisal dak). Namun sebelum digelar, permukaan bawah membrane tersebut dibakar terlebih dahulu.

Teknik waterproofing membrane bakar atau Torch Waterproofing ini sangat cocok diterapkan pada struktur beton seperti dak beton (roof deck), balkon/teras lantai atas. Dalam pengerjaannya, lantai kerja dibersihkan terlebih dahulu dari debu, pasir halus, minyak serta kotoran yang menempel. Lalu permukaan beton tersebut dengan primer menggunakan roll maupun kuas, sesudah itu lembaran material membrane dibentangkan pada permukaan beton, namun material tersebut digulung kembali dengan mengikuti pola  ruangan maupun space. Setelah digulung, lalu lapisan membrane digelar kembali sambil membakar permukaan bawahnya dan dengan dibantu alat tertentu lapisan membrane tersebut dirapatkan ke permukaan beton sampai benar-benar melekat.

Catatan:

  • Yang harus Anda perhatikan adalah bahwa setiap sambungan dari material membrane (jika panjangnya tidak mencukupi space ruangan) diberikan overlap atau kelebihan sepanjang 10 cm.
  • Pelapisan pada sudut ruangan diberikan corner/champer/fillet/corner rounded supaya material membrane tidak patah maupun tertekuk. Ini juga berguna untuk menghindari munculnya rongga udara pada sudut lantai ruangan tersebut.
  • Jika sparing pipa, maka harus dilakukan pengecoran dgn non shrink grout guna memastikan pipa tersebut stabil dan tidak bergerak.

 

Dari jenisnya pekerjaan waterproofing terbagi atas:

  • Membrane Tempel  atau Self Adhesive
  • Waterproofing Membrane Bakar yang biasanya terdapat dipasaran dengan ketebalan 3mm dan 4mm.
  • Membrane Coating yang terbuat dari bahan dasar bitumen
  • Membrane Cement Based Coating  atau flexible coating cement based
  • Membrane Polyurethane Coating yang terbuat dari bahan dasar polyurethane
  • Acrylic Based Coating yang terbuat dari bahan dasar acrylic
  • Cement Based Coating Slurry

Demikianlah artikel ini, semoga Anda menjadi lebih tahu tentang arti, maksud, tujuan, definisi, kegunaan, keuntungan atau manfaat dari waterproofing membrane bakar.

Comments are closed.